PT Cinta Damai Putra Bahagia

Jl. Jendral Sudirman No. 87 Haurgeulis 45264 Indramayu

Menu

Suzuki Wagon R smile masuk Indonesia??

Minggu, Agustus 29th 2021.

Suzuki Wagon R selama ini menjadi Kei Car yang sukses di Jepang. Namun kini Suzuki memperluas jajaran varian dari Wagon R dengan memperkenalkan Suzuki Wagon R Smile 2022.
Namun kali ini, Suzuki tak tanggung-tanggung mengubah seluruh bagian mobil, tak terkecuali interiornya. Mobil menjadi terlihat seperti generasi terbaru dari Wagon R karena desainnya yang unik walaupun ia tetap menggunakan mesin yang sama.

Belasan Tahun Jadi Kei Car Terlaris di Jepang

Sejak aturan mengenai Kei Car berkapasitas 660cc diperkenalkan di Jepang tahun 1993, Suzuki menghadirkan Wagon R untuk mencoba peruntungan di pasaran. Terbukti, mobil ini sempat menjadi Kei Car terlaris di negara asalnya periode 2003 hingga 2008. Kemudian Suzuki juga mencatat mobil ini telah laku terjual 4,6 juta unit hingga Februari 2010.
Peluncuran generasi keenam Wagon R dengan kode bodi MH35S di tahun 2017 pun disambut baik calon konsumen. Suzuki juga melakukan differensiasi produk pada generasi ini dengan menjual dua versi dari Wagon R, yaitu tipe standar dan Stingray. Keduanya dibedakan melalui fascia depan dan fitur.
Kini Wagon R terbaru kembali dihadirkan Suzuki melalui varian Wagon R Smile. Mobil ini hadir dengan 3 tipe yaitu G sebagai tipe termurah, tipe tengah HYBRID S, dan HYBRID X yang merupakan tipe termahal.

Design Luar Memikat Kaum Hawa

 

 

 

Dibagian depan hadir dua buah lampu bulat yang disambungkan oleh gril di tengah. Dibawahnya ada foglamp sebagai standar. Desain depannya sangat unik, menjadikan ciri khas mobil ini saat dibawa jalan.
Berlanjut ke samping, desainnya memperlihatkan sosok MPV bertubuh mungil seperti Daihatsu Tanto dan Honda N-Box. Mobil ini memiliki ukuran bodi (PxLxT) 3.395mm x 1.475 mm x 1.695 mm. Lebih tinggi 45 mm dari Wagon R standar walaupun panjang dan lebarnya sama persis.
Salah satu fitur unggulan yang juga dibanggakan Suzuki adalah pintu geser otomatis. Karena menurut penelitian Suzuki di pasar Jepang, lebih dari 40% persen konsumen yang membeli Wagon R menginginkan pintu geser.
Di belakang mengikuti Kei Car umumnya dengan minim aksesoris dan terlihat polos. Tak lupa hadir pilihan opsi dual tone pada atap yang bisa dipilih hitam atau putih.
Secara keseluruhan desain mobil ini jauh dari saudaranya Wagon R maupun Wagon R Stingray yang terkesan sporty. Bentuk yang mengotak diambil Suzuki karena lebih mengedepankan fungsionalitas daripada desain. Beberapa mungkin suka dengan desain seperti ini, namun ada juga yang tidak suka karena kurang mencerminkan desain Wagon R.

Masih Sama,masih Irit BBM

Area ini bukan salah satu fokus Suzuki dalam pengembangan Wagon R Smile. Sehingga masih tetap menggunakan mesin berkode R06D 3 silinder bertenaga 48 hp torsi 60 Nm ditambah dengan bantuan motor listrik yang menghasilkan 2,6 PS dan torsi 40 Nm.

Lebih dari cukup mengingat beratnya yang hanya 920 Kg. Tenaga kemudian disalurkan ke transmisi CVT khas Kei Car. Ada dua pilihan penggerak yang ditawarkan yaitu AWD dan FWD.

Interior Juga Alami Perubahan

Ketika masuk interior, akan disambut dengan pemilihan warna serba putih pada dashboard, termasuk juga setir dan tuas transmisi. Berkat penambahan tinggi mobil sebesar 45 mm tadi, Suzuki bisa mengatur posisi duduk pengemudi dan penumpang 70 mm lebih tinggi dari Wagon R standar. Hal ini membuat kabin terasa lapang dan membantu visibilitas kedepan pengemudi.
Ditengah dashboard ada headunit 9 inci dengan fitur navigasi dan kamera 360. Selain itu banyak sekali kompartemen penyimpanan baik minuman maupun barang di mobil ini. Material kursi sayangnya masih fabric walaupun sudah dilengkapi heater.
Fitur keselamatan sendiri sudah sangat lengkap, termasuk hadirnya Safety Plus Package Suzuki meliputi adaptive cruise control, head up display dan memory navigation with omnidirectional monitor.
Suzuki Wagon R Smile 2021 akan mulai mengaspal di Jepang pada bulan September mendatang. Harga varian termurah G akan mulai dari 1,29 Juta Yen atau sekitar Rp170 Juta. Hingga saat ini belum ada konfirmasi dari pihak Suzuki Indonesia apakah akan memasukkan mobil ini ke Indonesia.

Mobil Terbaru

Best Seller
Promo
Promo

Related Article Suzuki Wagon R smile masuk Indonesia??

Kamis 8 Juli 2021 | News

Suzuki Celerio 2021 akan segera masuk produksi. Suzuki Celerio merupakan sebuah city car yang hadir di Indonesia pada tahun 2015 lalu. Namun mobil ini hanya…

Selasa 15 Juni 2021 | News

Otosia.com – Penjualan New Baleno tidak secemerlang produk Suzuki lainnya seperti XL7. Namun pada bulan Maret 2021, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat kenaikan pangsa…

Senin 24 Mei 2021 | News

Indramayu, 24 Mei 2021 – Meskipun sudah dijelaskan oleh sales nya pada saat serah terima kendaraan,ada beberapa konsumen yang masih lupa posisi dongkrak kendaraan Suzuki…